02 December 2016 - 07:07 | Kategori : Berita by Admin | 3172 views

Bagi Anda yang asli orang Magetan tentu mempunyai kuliner favorit dari Kabupaten Magetan tercinta ini. Terlebih jika Anda sedang berada di kota perantauan, tentu akan sulit melupakan lezatnya beraneka macam kuliner asli Magetan. Iya, Kabupaten Magetan tidak hanya terkenal dengan objek wisata Telaga Sarangan dan Kerajinan Kulit nya saja. Dibalik pesona wisata alam dan budaya yang mempesona. Kabupaten Magetan juga menyimpan kekayaan kuliner khas yang tak terlupakan. Berikut ini beberapa kuliner atau makanan khas Magetan yang cocok bagi Anda yang sedang berkunjung ke Magetan.
 
1. Tepo Tahu Magetan
 
Tepo Tahu Khas Magetan
 
Tepo begitu orang Magetan menyebutnya. Tepo adalah sejenis makanan yg berasal dari beras yang dikukus dengan dibungkus daun pisang. Kita biasa mengenalnya Lontong. Di Magetan ada makanan khas olahan dari Lontong, yaitu Tepo Tahu. Ada banyak jenis Tepo di Magetan, ada Tepo Pecel, Tepo Lodeh, dan yang paling khas adalah Tepo Tahu. Tepo Tahu adalah Tepo (lontong) yang di sajikan dengan irisan Tempe dan Tahu goreng, ditambahkan dengan taburan kacang dan bawang goreng, serta irisan kubis. Untuk menambah kenikmatan Tepo Tahu biasa disajikan dengan telor ceplok / dadar. Sungguh nikmat rasanya.
 
2. Sate Kelinci
 
Sate Kelinci Khas Magetan
 
Makanan khas yang tak kalah terkenal di Magetan adalah Sate Kelinci. Sate Kelinci memiliki tekstur daging yang lembut dan empuk. Sate kelinci biasa di sajikan dengan Lontong dan bumbu kacang atau bumbu kecap. Anda akan banyak menjumpai pedagang Sate Kelinci di sekeliling Telaga Sarangan. Harga untuk satu porsi Sate Kelinci juga cukup terjangkau mulai dari Rp 12.000,-. 
 
3. Pecel Pincuk
 
Pecel Pincuk Magetan
 
Sajian kuliner khas Magetan selanjutnya adalah Pecel Pincuk. Pecel Pincuk adalah nasi pecel yang disajikan dengan bungkus daun pisang, orang Magetan biasa menyebutnya Pincuk. Kalau Anda pecinta Pecel, Anda akan menemukan perbedaan rasa bumbu pecel Magetan dengan bumbu pecel Madiun. Karenamemang setiap daerah memiliki cita rasa bumbu Pecel khas masing-masing. Bumbu pecel Magetan memiliki tekstur yang lebih kental dan gurih. Anda akan menemukan kenikmatan yang tak terlupakan jika mencobanya sendiri.
 
4. Sate Jamur
 
Sate Jamur Khas Magetan
 
Selain kuliner Sate Kelinci, olahan sate yang tak kalah terkenal di Magetan berikutnya adalah Sate Jamur. Anda akan banyak menemukan penjual Sate Jamur di sepanjang jalan tembusa Magetan-Karanganyar. Dan sate jamur yang paling terkenal adalah Sate Jamur Bu Darmi. Sate Jamur racikan Bu Darmi yang warga asli Desa Singolangu, Kecamatan Plaosan ini begitu khas dan nikmat. Anda wajib mencicipinya jika kebetulan melintas di area jalan tembusa Magetan-Karanganyar.
 
5. Roti Bolu
 
Roti Bolu Khas Magetan
 
Makanan khas berikutnya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Magetan adalah Roti Bolu Magetan. Warga Magetan juga biasa menyebutnya Roti Endog karena bentuk nya yang mirip Telur. Rasanya khas dengan tekstur yang lembut akan memanjakan lidah Anda. Roti Bolu Magetan dikenal memeiliki rasa yang khas karena Anda akan menemukan aroma Jahe dan Jeruk di antara rasa bolu nya yang manis. Roti Bolu Magetan sangat pas untuk Anda bawa sebagai bingkisan oleh-oleh karena dapat bertahan lama.
 
Beberapa makanan di atas adalah Kuliner Khas Magetan Yang Sulit Terlupakan yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Magetan. Kabupaten Magetan menyimpan segudang potensi wisata dan budaya yang perlu kita dukung untuk kemajuan nya di masa depan.

BERITA TERKAIT