23 March 2014 - 09:08 | Kategori : Berita by Admin | 20098 views

Kabupaten Magetan, kabupaten mungil yang terletak di ujung barat provinsi Jawa Timur. Di kabupaten yang beriklim sejuk ini selain terkenal dengan potensi wisata alamnya seperti Telaga Sarangan, Telaga Wahyu, Air Terjun Tirtasari, Air Terjun Pundak Kiwo, dan Puncak Lawu ini juga dikenal sebagai daerah sentra kerajinan kulit. Kerajinan kulit Kabupaten Magetan telah banyak memproduksi berbagai macam produk kerajinan kulit seperti jaket kulit, tas, dompet, ikat pinggang, dan yang paling terkenal adalah Sepatu Kulit Asli Magetan. Ya, memang Kabupaten Magetan memiliki industri pengolahan kulit sendiri bernama LIK (Lingkungan Industri Kulit).

Bagi anda yang berwisata di Kabupaten Magetan, rasanya akan tidak lengkap apabila belum singgah ke Sentra Industri Kerajinan Kulit Magetan. Sentra Industri Kerajinan Kulit Magetan berada di jalur perjalanan menuju obyek wisata Telaga Sarangan. Sentra kerajinan kulit Magetan dipusatkan di Jalan Sawo, Kelurahan Selosari, kurang lebih 1 Km arah barat dari alun-alun Kabupaten Magetan. Sepanjang memasuki Jalan Sawo anda akan dimanjakan dengan deretan toko kerajinan kulit yang memajang berbagai model sepatu, sandal, tas, jaket, ikat pinggang, dan berbagai aksesori kulit lainnya. Kerajinan kulit Magetan menggunakan bahan kulit sapi dalam pembuatanya. Anda tidak perlu ragu lagi akan keaslian kulit dari produk kerajinan kulit Kabupaten Magetan.

Obyek Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan

Obyek Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan

Kerajinan kulit Kabupaten Magetan sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia diseluruh nusantara, selain daerah Cibaduyut di daerah Kota Bandung, dan Tanggulangin di Sidoarjo. Usaha pengolahan kulit di Kabupaten Magetan sudah mulai dirintis sejak tahun 1960. Pemerintah Kabupaten Magetan merintis usaha pengolahan kulit menjadi barang-barang kerajinan kulit dengan mendirikan LIK (Lingkungan Industri Kulit). LIK mengolah kulit sapi menjadi bahan-bahan kulit setengah jadi yang selanjutnya akan didistribusikan ke para perajin kulit di Kabupaten Magetan. Dengan kebutuhan kulit yang semakin meningkat, LIK juga telah memasok kebutuhan kulit keluar Kabupaten Magetan.

Pemerintah Kabupaten Magetan memilih Jalan Sawo sebagai sentra kerajinan kulit bukan tanpa alasan. Posisi Jalan Sawo yang berada di perlintasan jalur utama menuju dan kembali dari obyek wisata Telaga Sarangan menjadi pendukung utama bagi pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Magetan. Diharapkan para wisatawan sebelum atau sesudah mengunjungi Telaga Sarangan dapat singgah ke Jalan Sawo untuk melihat berbagai macam produk Kerajinan Kulit Magetan. Berbagai macam jenis kerajinan kulit yang dipajang di etalase toko sepanjang kawasan Jalan Sawo akan menjadi pesona wisata belanja tersendiri bagi wisatawan yang datang. Tak heran jika Anda akan menjumpai Jalan Sawo selalu ramai diserbu pengunjung saat akhir pekan, liburan sekolah, atau hari libur.

Kerajinan Kulit sebagai produk unggulan Kabupaten Magetan adalah salah satu komoditi potensial dari sekian banyak potensi daerah di Indonesia yang sangat penting untuk dikembangkan. Untuk itu dibutuhkan perhatian dari semua pihak. Sudah saatnya semua elemen bangsa ini bergerak untuk memaksimalkan potensi industri nasional yang tak lain menjadi upaya peningkatan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi nasional yang akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Kami sebagai putera daerah Kabupaten Magetan, bertekad dengan cita-cita yang besar untuk turut berkontribusi membangun Kabupaten Magetan. Tentu saja diperlukan gerakan dari kita semua untuk memajukan industri dan perkonomian nasional. Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mencintai produk dalam negeri daripada memilih produk-produk buatan luar negeri.


BERITA TERKAIT